Sabtu, 24 Desember 2011

Atraksi Budaya & Lomba Mancing Meriahkan Takabonerate Island Expedition III

Kegiatan  pembukaan event Takabonerate Island Expedition III tahun ini, sengaja dipusatkan di Pulau Jinato. Karena sebelumnya, pembukaan event Takabonerate Island Expedition II tahun lalu, telah dipusatkan di pulau Rajuni, Desa Rajuni, Kecamatan Takabonerate.
Adapun kegiatan pokok dalam penyelenggaraan Takabonerate Island Expedition III diantaranya adalah : lomba mancing yang diikuti oleh sedikitnya, 51 tim terdiri dari : tim pemancing  profesional, sebanyak 38 tim.
Dimana tim ini sendiri, berasal dari  Jakarta, Provinsi Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Australia. Berikutnya, tim pemancing tradisional, sebanyak 15 tim yang berasal dari Kabupaten Takalar, Bantaeng, Jeneponto, Sinjai, dan Kabupaten Kepulauan Selayar.
Selain lomba mancing, event Takabonerate Island Expedition III tahun ini juga turut dimeriahkan dengan penyelenggaraan diving yang diikuti oleh sedikitnya 107 peserta dari Jakarta, Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi-Selatan.
Ungkapan ini dilontarkan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Syahrir Wahab, MM dihadapan Gubernur Sulsel dan segenap duta negara asing yang sempat menghadiri upacara pembukaan even Takabonerate Island Expedition III di Pulau Jinato beberapa waktu lalu.
Dikatakannya, lomba foto graphy bawah laut yang diikuti oleh 4 orang peserta dari kota Daeng Makassar, turut melengkapi agenda kegiatan tambahan event Takabonerate Island Expedition III.
Event wisata tahun ini,  juga dimeriahkan dengan parade jollor hias yang diikuti oleh sedikitnya 200 buah jollor. Disusul, dengan penampilan atraksi kebudayaan lokal, A’manca, Pangaru, tarian tradisional Kabupaten Kepulauan Selayar, dan Lomba Dayung yang diikuti oleh 30 orang peserta.
Setelah sebelumnya, panitia kabupaten juga telah melakukan kegiatan penghijauan lingkungan melalui penanaman pohon cemara pantai, mahoni, dan pohon sukun, pada tujuh daerah pulau, di dalam kawasan Takabonerate.
Dalam kesempatan yang sama, panitia bahkan sempat menyerahkan bantuan peralatan kepada sejumlah warga masyarakat petani dan nelayan pesisir yang mendiami pulau-pulau di sekitar kawasan Takabonerate, jelas Syahrir.(fadly syarif)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar